Tips Paling Mudah Membedakan Puyuh Jantan dan Betina Umur 1 Hari

Diposting pada

perbedaan puyuh jantan dan betina

Mengetahui jenis kelamin puyuh adalah hal terpenting dalam usaha budidaya puyuh, tujuannya adalah mengurangi pengeluaran untuk pakan serta untuk pembelian bibit.

Jika anda ingin beternak burung puyuh petelur dengan tujuan memanfaatkan hasil telurnya, maka anda harus memilih bibit puyuh yang betina atau sebaliknya jika anda ingin ternak puyuh pedaging, anda bisa memilih bibit puyuh jantan.

Karena apabila anda memelihara puyuh jantan untuk ternak puyuh petelur maka anda hanya akan memhabiskan waktu untuk membesarkan serta menambah biaya ransum, namun tidak mendapatkan hasilnya dan itulah pentingnya mengetahui jenis kelamin puyuh lebih dini.

Berikut ini adalah cara membedakan jenis kelamin puyuh jantan dan puyuh betina yang paling mudah.

Baca disini: Artikel atau pembahasan yang anda cari

Cara membedakan puyuh jantan dan puyuh betina bagi pemula

Ada beberapa cara untuk mengetahui jenis kelamin puyuh, yaitu mulai dari yang masih berupa telur, dari yang baru menetas umur 1 hari (DOQ), sampai puyuh yang sudah dewasa.

1. Mengetahui jenis kelamin puyuh dari telur

perbedaan puyuh jantan dan betina

Untuk membedakan jenis kelamin puyuh dari telur, bisa diketahui dengan mudah yaitu, sebelum telur ditetaskan anda bisa memilih telur yang bentuknya bulat untuk mendapatkan bibit puyuh betina, dan telur puyuh yang lonjong untuk mendapat bibit puyuh jantan.

Menggunakan metode ini tidak dapat menjamin keakuratanya 100% bahwa bibit yang dihasilkan positif betina atau sebaliknya, hanya sekitar 60-80% saja. tetapi setidaknya anda sudah dapat meminimalisir kesalahan dalam memilih bibit untuk memanfaatkan hasilnya.

2. Mengetahui jenis kelamin puyuh dari anakan yang baru berumur 1 hari (DOQ)

Untuk membedakan jenis kelamin puyuh saat masih anak yang berumur 1 hari, dibutuhkan sedikit kejelian serta filling.

Caranya adalah anda dapat memegang anak puyuh dengan tangan kiri, dengan posisi punggung menghadap anda atau kepala berada dibawah.

Pada posisi demikian biasanya anak puyuh akan mengeluarkan kotoran (fases), anda bisa membersihkannya menggunakan tisu, selanjutnya raba bagian duburnya, usahakan dubur sedikit terbuka.

Apabila terasa ada benjolan didinding kloaka berarti itu anak puyuh jantan, tetapi bila hanya terdapat lipatan saja atau tidak ada benjolan berarti itu adalah anak puyuh betina. benjolan tersebut sebenarnya juga bisa dilihat menggunakan kaca pembesar dengan penerangan yang cukup.

Metode ini tidak semua orang dapat melakukannya karena membutuhkan kejelian dan ketrampilan serta latihan berulang kali.

Tetapi cara ini dirasa paling efektif oleh para peternak puyuh, karena untuk mengetahui jenis kelamin puyuh tidak perlu menunggu sampai puyuh dewasa atau tumbuh bulu sempurna dan bisa dijamin keakuratannya.

3. Mengetahui kelamin puyuh saat berumur 3 minggu

Membedakan jenis kelamin puyuh juga bisa dilakukan saat puyuh berusia sekitar 3 minggu, yaitu saat anak puyuh bulunya sudah tumbuh secara sempurna.

Perbedaanya terdapat pada warna bulunya yaitu, pada burung puyuh jantan memiliki bulu bagian bawah paruh berwarna hitam serta bagian dada berwarna kuning keemasan bergaris hitam.

Sedangkan untuk burung puyuh betina bulu bagian bawah paruh berwarna putih dan bagian dada berwarna coklat atau sawo matang dengan bercak atau totol-totol hitam, cara ini juga sering digunakan oleh para peternak puyuh karena dirasa lebih mudah dibanding dari yang masih anakan.

4. Cara membedakan kelamin puyuh dewasa

Cara yang paling mudah mengetahui jenis kelamin puyuh adalah setelah puyuh berumur 1,5 bulan, yaitu burung puyuh jantan biasanya mengeluarkan suara berkokok seperti ayam, sedangkan untuk puyuh betina tidak.

Ciri-ciri yang lainnya adalah bisa diketahui dari ukuran atau berat badannya, untuk burung puyuh betina biasanya mempunyai ukuran badan lebih besar dibanding dari burung puyuh jantan.

Itulah cara mengetahui jenis kelamin puyuh yang bisa saya sampaikan, semoga bisa membantu anda yang ingin memulai usaha ternak puyuh petelur atau ternak puyuh pedaging.

Mari Belajar Beternak, TERIMA KASIH.

(Visited 1.996 times, 17 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *