Kambing Kacang – Tips Meraih Sukses Beternak Kambing Kacang Secara Modern

Diposting pada

cara ternak kambing

Kambing kacang adalah merupakan salah satu ras unggul yang pertama kali dikembangkan di Indonesia, jenis kambing ini adalah merupakan kambing lokal Indonesia, dan saat ini keberadaanya tersebar hampir diseluruh wilayah di Indonesia.

Kambing kacang merupakan tipe kambing pedaging, jadi sangat cocok dijadikan sebagai usaha budidaya ternak kambing potong.

Cari disini: Artikel atau pembahasan yang anda butuhkan

Ciri-ciri kambing Kacang

  • Bentuk tubuhnya kecil dengan kepala ringan dan kecil.
  • Telinganya tegak dan pendek dengan bulu halus,
  • Biasanya memiliki warna bulu putih, hitam, coklat, atau campuran dari ketiganya,
  • Serta memiliki bentuk tubuh yang ideal antara tinggi dan panjang tubuhnya,
  • Berat badan kambing kacang dewasa mencapai 25-30 kg,
  • Ciri yang mencolok adalah dagu serta bagian leher memiliki bulu-bulu yang panjang,
  • Untuk kambing jantan dan kambing betina mempunyai dua tanduk kecil.

Budidaya kambing kacang juga mempunyai beberapa keuntungan yang perlu anda ketahui diantaranya adalah sebagai berikut:

Keuntungan ternak kambing secara modern

  •  Tidak memerlukan lahan yang luas

Apabila anda ingin beternak kambing kacang secara modern, salah satu keuntungan yang anda dapatkan adalah, anda tidak perlu menyiapkan lahan/tempat yang luas.

Jadi ternak kambing bisa dilakukan didaerah pedesaan dan juga di daerah perkotaan, karena anda hanya perlu menyiapkan kandang yang berukuran 1,5×1,5 m untuk 1ekor kambing jantan atau kambing betina dewasa.

Ukuran tersebut juga bisa digunakan untuk 2 ekor kambing anakan yang baru disapih, atau bisa juga untuk 2 ekor kambing anakan beserta 1 ekor induknya.

  •  Kambing lebih mudah Beradaptasi

Keuntungan beternak kambing kacang yang kedua adalah kambing kacang lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan barunya.

Hal ini membuat anda lebih mudah untuk mengembangbiakan dan merawatnya, karena kambing kacang lebih tahan dengan kondisi cuaca diberbagai daerah di Indonesia yang beragam, seperti dataran tinggi atau dataran rendah, dengan kondisi yang basah ataupun kering kambing kacang tetap bisa berkembang biak.

  • Masa panen lebih cepat

Beternak kambing kacang juga lebih cepat mendapatkan keuntungan karena siklus perkembang biakan kambing kacang lebih singkat, yaitu sekitar 6-7 bulan jika dilakukan perawatan yang baik, Jadi dalam waktu satu tahun kambing bisa menghasilkan keturunan 2 kali.

  • Pakan lebih mudah didapat

Keuntungan budidaya kambing kacang yang lainnya adalah ketersediaan pakan dialam yang melimpah, apalagi jika kambing diternak secara modern, anda tidak perlu melepasnya secara liar atau yang disebut angon dan ngarit.

Anda cukup memberikan pakan daun-daunan hijau yang mudah didapat disekitar tempat tinggal seperti daun lamtoro, daun singkong, dan yang lainnya, serta sisa sayur-sayuran dari pasar.

  • Modal awal yang kecil

Beternak kambing kacang juga tidak memerlukan modal awal yang besar, karena harga bibit kambing yang tidak begitu mahal, sedangkan untuk bibit yang selanjutnya bisa memanfaatkan keturunannya untuk dipelihara dan dijadikan bibit/indukan.

  • Pemasaran hasil panen lebih mudah

Kambing kacang juga lebih mudah dijual, karena kambing jenis ini banyak dimanfaatkan oleh para pedagang kuliner, untuk dijadikan sate kambing, gulai kambing, sop kambing dan yang lainnya, apalagi pada saat perayaan hari raya idul adha, kambing kacang juga mempunyai harga jual yang cukup tinggi.

Itulah beberapa keuntungan usaha beternak kambing, dan sebenarnya masih banyak keuntungan-keuntungan lain yang bisa anda dapatkan dalam usaha budidaya kambing kacang secara modern, seperti kotorannya juga bisa dijual, atau bisa dijadikan sumber penghasilan untuk mengurangi pengangguran dan yang lainnya.

Setelah anda mengetahui keuntungan beternak kambing, admin juga akan memberikan beberapa tips agar anda meraih sukses dalam usaha budidaya kambing seperti berikut:

Cara ternak kambing agar sukses

cara ternak kambing kacang

1. Pemilihan bibit yang unggul

Bibit termasuk factor utama yang harus anda perhatikan dalam ternak kambing, adapun ciri-ciri bibit yang unggul yaitu:

Bibit jantan

– Bibit harus sehat
– Pertumbuhan normal sesuai umurnya
– Memiliki bulu yang bersih dan mengkilap
– Bentuk badan proposional antara panjang dan tingginya
– Bibit harus aktif dan lincah
– Mempunyai nafsu makan yang kuat
– Dan tidak cacat fisik.

Bibit betina

– Bibit harus sehat
– Tidak terlalu gemuk
– Memiliki bulu yang halus dan mengkilap
– Tidak cacat fisik
– Kondisi susu dan alat kelamin kambing normal

2. Membuat kandang yang nyaman

Kandang juga merupakan sarana utama dalam budidaya kambing, jadi buatlah kandang yang nyaman, agar memudahkan dalam perawatan serta pengawasan.

Kandang ternak kambing secara modern yang biasa digunakan oleh para peternak adalah kandang model panggung, karena kandang model ini memiliki banyak kelebihan seperti, mudah untuk memberi makan, mudah untuk membersihkan kotoran, dan mudah untuk memantau kambing peliharaan.

3. Memberikan pakan tambahan

Pakan utama kambing adalah daun-daunan hijau, namun untuk mempercepat pertumbuhan serta penggemukan daging, anda perlu memberikan pakan tambahan seperti konsentrat yang dapat dicampur dengan bekatul atau dedak, agar kambing lebih cepat besar dan gemuk.

4. Perawatan kesehatan dan kebersihan

Yang terakhir adalah anda harus selalu menjaga kebersihan kandang dan kambing serta kesehatannya, yaitu apabila ada kambing yang terlihat tidak sehat atau sakit, harus segera dilakukan penanganan agar penyakit tidak menular ke kambing yang lain.

Itulah beberapa tips agar meraih sukses beternak kambing kacang secara modern, semoga dapat membantu anda yang berminat usaha budidaya kambing, jangan lupa like fanspage FB kami ya!….

Mari Belajar Beternak, TERIMA KASIH.

(Visited 577 times, 14 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *