Tikus Putih – Cara Paling Tepat Merawat Tikus Putih Untuk Pemula

Diposting pada

cara merawat tikus putih
Tikus putih adalah termasuk hewan yang masih kerabat dekat dengan hamster, akan tetapi tikus putih memiliki kelebihan dibanding tikus jenis lain, yaitu tikus putih memiliki bulu yang putih, bersih serta lebih jinak.

Tikus lebih dikenal sebagai hama karena kebiasaanya menggigit dan mengerat berbagai peralatan rumah tangga, namun sekarang ini tikus putih sudah banyak dibudidayakan, sebagai bahan praktek atau sebagai pakan hewan peliharaan lainnya.

Baca disini: Artikel atau pembahasan yang anda cari

Cara merawat/memelihara tikus putih

Bagi anda yang ingin memelihara tikus putih bisa mengikuti tata cara berikut ini, walaupun memelihara tikus putih terbilang mudah, akan tetapi ada beberapa hal yang harus anda perhatikan seperti berikut:

1. Pertimbangan yang matang

Sebelum anda mulai merawat tikus putih sebaiknya pertimbangkan terlebih dahulu beberapa hal berikut ini:

  • Anda harus rela meluangkan banyak waktu untuk bermain serta merawatnya dengan baik, selalu menjaga kebersihan kandang, memberikan pakan secara teratur, dan lainnya.

 

 

  • Anda harus menentukan jumlah tikus yang akan anda pelihara, sebaiknya belilah jumlah lebih dari satu agar tikus tidak mudah merasa bosan karena sendirian.

 

  • Tentukan juga jenis kelaminnya agar anda tidak kuwalahan nantinya, karena tikus dapat berkembangbiak dengan cepat,  jadi sebaiknya anda membeli tikus dengan jenis kelamin yang sama.

2. Membuat kandang atau tempat tinggal yang nyaman

Membuat kandang yang nyaman juga menjadi pertimbangan utama dalam memelihara tikus putih.

  • Belilah/buatlah kandang besi yang agak besar, lapisi lantainya dengan bahan yang lembut, seperti serbuk gergaji, potongan kertas, atau kain yang lembut seperti handuk.

 

  • Sediakan sarang atau tempat untuk bersembunyi, bisa menggunakan barang-barang bekas atau membeli dari petshop, karena karakter tikus yang suka bersembunyi jika merasa terancam.

 

  • Sediakan juga mainan untuk tikus putih yang banyak dijual dipetshop, yaitu seperti mainan gantung, agar menjadi alternative saat anda tidak bisa mengajaknya bermain.

 

  • Jangan lupa sediakan makan dan minumnya, untuk makanannya bisa anda taruh dilantai atau dimangkok, sedangkan untuk minumnya bisa menggunakan dot, agar kebersihannya tetap terjaga.

3. Menjaga kesehatan tikus putih

Menjaga kesehatan tikus putih bisa melalui makan dan minumnya, kebersihan kandang, serta menjaga suhu tetap stabil.

  • Berikan makan dan minum secara teratur, jangan sampai telat, untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya, anda bisa memberikan makanan secara bergantian atau bervariasi.

 

  • Makanan tikus putih yang bisa anda berikan yaitu seperti beras, roti, poer ayam, dan anda juga bisa memberikan buah segar, serta sayur.

 

  • Anda juga harus selalu memperhatikan kebersihan kandang, yaitu dengan mengganti alas/litternya setiap 3-7 hari sekali.

 

  • Selalu menjaga suhu udara agar tetap stabil, tikus putih memang mampu bertahan hidup disegala kondisi cuaca, namun tikus putih lebih menyukai kondisi suhu yang hangat, dan perubahan cuaca yang ekstrim juga bisa mengakibatkan tikus putih sakit.

4. Melatih atau mengajak tikus putih bermain

  • Ajaklah tikus putih yang anda pelihara bermain agar dapat berinteraksi dengan anda, dan tikus semakin aktif, sehat, lincah, dan menjadi lebih jinak serta dekat dengan anda.

 

  • Anda juga bisa melatihnya beberapa trik dengan perlahan, karena tikus merupakan hewan yang sangat cerdas, dan mampu menguasai beberapa trik.

 

  • Sesekali ajaklah tikus jalan-jalan keluar, dengan membawanya dipundak anda dengan memakaikan harnes, karena tikus putih juga menyukai suasana pemandangan yang baru.

TIPS BONUS

A. Tikus putih adalah termasuk hewan pengerat, jadi sebaiknya sediakan benda/sesuatu untuk dikunyah, sebab tikus putih sangat suka mengunyah.

B. Tikus putih juga dapat dilatih agar menuruti perintah anda, dan cara melatih tikus putih adalah dengan memberikan hadiah makanan jika ia berhasil.

C. Untuk menjaga kebersihan kandang tikus putih agar tetap steril, anda bisa menggunakan cuka putih, campur dengan air bersih dan peroxide, kemudian lap kandang dengan kain yang sudah dibasahi dengan campuran tersebut.

D. Pada umumnya tikus putih betina lebih aktif bergerak, dan jika anda menginginkan tikus yang lebih anteng, anda dapat memilih tikus yang jantan.

Demikianlah sedikit pembahasan tentang cara merawat tikus putih yang tepat yang bisa anda praktekan dan semoga bermanfaat. TERIMA KASIH.

(Visited 33 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *