Ciri-ciri dan Penyebab Kelinci Mencret Serta Cara Mengobatinya

Diposting pada

kelinci mencret
Apabila anda menjumpai kelinci dengan kotoran yang lembek atau encer, itu adalah merupakan salah satu tanda bahwa kelinci sedang mengalami diare atau mencret.

Jika itu terjadi pada kelinci kesayangan anda, jangan pernah anggap sepele/remeh, segera lakukan tindakan, karena jika tidak akan berpengaruh pada pertumbuhan serta perkembangbiakan.

Dan untuk mengetahui ciri-ciri kelinci mencret, biasanya terlihat tanda-tanda  seperti berikut ini:

Baca disini: Artikel atau pembahasan yang anda cari

Ciri-ciri kelinci mencret

  • Kotoran/fasesnya encer berwarna coklat lebih kehijauan,
  • Kelinci tidak mau makan, akibatnya kelinci menjadi sakit lemas dan malas bergerak,
  • Bulu kelinci berubah menjadi agak kusam (kurang cerah),
  • Matanya terlihat sayu, serta badannya menjadi kurus,
  • Kaki depan sering diselonjorkan, karena menahan sakit pada bagian perut,
  • Sering terdengar suara gigi beradu yang disebabkan perut kelinci kembung.

Lalu apasih yang menyebabkan kelinci mencret???

Kelinci mencret biasanya disebabkan oleh beberapa factor seperti berikut:

Factor penyebab kelinci mencret

  • Kondisi cuaca yang ekstreem atau berubah-ubah,
  • Kebersihan kandang yang kurang terjaga dengan baik,
  • Nutrisi pakan yang tidak terpenuhi,
  • Kelinci mengalami stress.

Baca juga

a. Kondisi cuaca yang kurang bersahabat, yaitu seperti angin kencang serta hujan yang terus menerus, sehingga membuat daya tahan tubuhnya menurun dan kelinci dapat dengan mudah terserang diare/mencret.

b. Kebersihan kandang yang kurang terjaga dengan baik, sehingga membuat bakteri dan virus cepat berkembang biak dan dapat menyerang/mengganggu pencernaan kelinci, akibatnya kelinci menjadi mencret.

c. Kebutuhan nutrisi pakan yang tidak terpenuhi juga dapat menyebabkan kelinci mencret, seperti jika kelinci hanya diberikan satu jenis makanan saja.

Misalnya: kelinci hanya diberikan wortel saja setiap hari, atau hanya diberikan sayuran hijau saja, sehingga kebutuhan seratnya tidak tercukupi dan kelinci menjadi mencret.

d. Kelinci yang mengalami stress juga bisa menyebabkan mencret, penyebab kelinci stress biasanya dikarenakan ramainya aktifitas atau lalu lalang manusia tidak dikenal didekat kandang, adanya suara bising, pergantian cuaca, serta ancaman binatang predator lain.

Cara mencegah atau menaggulangi agar kelinci tidak mencret

Langkah pertama atau tindakan yang harus anda lakukan untuk mengantisipasi agar kelinci tidak mencret yaitu:

a. Buatlah kandang kelinci yang sehat dan nyaman, kandang yang sehat yaitu, kandang selalu dalam keadaan bersih atau tidak lembab, bila perlu pasanglah penutup pada dinding bagian luar agar terlindungi dari angin dan hujan.

b. Usahakan sinar matahari pagi bisa masuk langsung kekandang serta sirkulasi udara dalam kandang lancar, agar bakteri dan virus tidak cepat berkembang biak.

c. Berikan makanan yang baik atau yang memiliki kandungan nutrisi yang cukup, atau bisa juga anda berikan makanan yang bervariasi secara bergantian, agar kelinci tidak bosan.

Misalnya: jika pada pagi hari anda berikan sayuran hijau, wortel atau lainnya, untuk sore harinya bisa anda berikan pellet khusus kelinci, atau sebaliknya.

“Perlu anda perhatikan untuk memberikan sayuran hijau usahakan dijemur sebentar terlebih dahulu, agar kandungan air pada sayuran tersebut sedikit berkurang, karena kandungan air pada sayuran yang berlebih juga dapat menyebabkan kelinci mencret.

d. Ciptakan suasana kandang yang nyaman, agar kelinci tidak gampang stress, caranya dengan menempatkan kandang kelinci jauh dari keramaian, serta suara bising.

Setelah mengetahui ciri-ciri dan penyebab kelinci mencret, selanjutnya saya akan membahas cara mengatasi kelinci mencret.

Apabila kelinci kesayangan yang anda pelihara sudah terlanjur sakit/mencret, segera lakukan penanganan yaitu dengan memisahkan kelinci yang mencret dengan yang sehat , agar tidak menular atau tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Pada dasarnya penyakit mencret pada kelinci sebenarnya tidak dapat menular secara langsung, tetapi kotoran kelinci yang encer bisa mengenai makanan atau kelinci lain, dan membuatnya tertular.

Cara mengobati kelinci mencret secara alami

1. Pertolongan pertama pada kelinci mencret dengan obat alami yaitu segera berikan daun jambu biji yang masih muda (pupusnya), sebab daun jambu biji yang masih muda dipercaya sangat ampuh mengatasi diare/mencret.

2. Selain itu anda juga bisa memberikan campuran garam dan gula (oralit), agar kelinci tidak kekurangan cairan ditubuhnya, karena campuran garam dan gula juga dipercaya dapat mengganti cairan yang terkuras saat mencret.

3. Jika kelinci mencret karena kembung, anda juga bisa mengatasinya dengan melakukan pijatan, adapun cara memijat kelinci kembung yaitu anda bisa mengurut/menekan dengan kedua tangan disamping kanan dan kiri perut, mulai dari bagian dada sampai kepusar secara perlahan agar kelinci bisa mngeluarkan gas/angin.

Selain memberikan pertolongan pada kelinci yang mencret secara alami, biasanya para pecinta kelinci juga memberikan obat-obatan kimia (buatan pabrik).

Obat yang biasa diberikan untuk kelinci mencret adalah diapet, entrostop, atau tolak angin+madu.

Obat-obatan tersebut sebernarnya bukanlan obat untuk kelinci, melainkan untuk manusia, akan tetapi banyak para pecinta kelinci yang melakukan spekulasi yaitu memberikannya pada kelinci yang mencret dan terbukti banyak yang berhasil, tetapi dosisnya harus dikurangi.

SARAN “Apabila semua cara diatas sudah anda lakukan dan kelinci tidak kunjung sembuh, sebaiknya segera bawa kedokter hewan agar tahu penyebab sakitnya dan cara mengobatinya.

Demikianlah ciri-ciri dan penyebab kelinci mencret serta cara mengobatinya yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat dan bisa membantu menyelesaikan masalah anda, tolong bantu like&share agar admin lebih semangat lagi untuk membuat artikel selanjutnya, TERIMA KASIH.

(Visited 933 times, 23 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *