Cara Mengenali Ciri-Ciri Ayam yang Stress dan Cara Mengatasinya

Diposting pada

stress pada ayam
Stress adalah sebuah kondisi atau keadaan yang terjadi ketegangan secara fisik atau psikologis, stress itu sebenarnya wajar terjadi dalam kehidupan, dimana tuntutannya adalah kita harus menyesuaikan dengan situasi dan kondisi yang terjadi.

Stress ternyata tidak hanya dialami oleh manusia, tetapi juga sering terjadi pada unggas, stress yang terjadi pada ayam dapat mengurangi hasil produksi, biasanya dibarengi dengan perubahan fisiologis didalam tubuh ayam.

Baca disini: Artikel atau pembahasan yang anda cari

Ciri-ciri ayam yang mengalami stress

– Ayam terlihat gelisah didalam kandang,
– Ayam sering membentangkan sayap,
– Ayam lebih banyak minum air untuk menurunkan suhu tubuhnya,
– Nafsu makannya menurun, yang dapat menghambat pertumbuhan,
– Bertambahnya kecepatan respirasi (pernapasan).

Jika ayam yang anda pelihara mengalami tanda-tanda seperti diatas, anda harus segera melakukan penanganan, apabila tidak segera ditangani dengan tepat, bisa berakibat pada lambatnya pertumbuhan serta hasil produksi menurun, bahkan tidak sedikit yang mengalami kematian.

Biasanya untuk pemula peternak ayam potong atau peternak ayam petelur akan kebingungan jika mengalami hal tersebut, Lalu bagaimana cara menangani ayam potong atau ayam petelur yang stress?…..

Untuk menangani ayam yang mengalami stress agar tidak mempengaruhi pertumbuhan serta produksinya adalah, anda harus tahu terlebih dahulu factor penyebab stress pada ayam tersebut.

Factor-faktor penyebab ayam mengalami stress

– Perubahan cuaca secara tiba-tiba,
– Ayam mengalami kelelahan atau sedang sakit,
– Seringnya keluar masuk orang tidak dikenal,
– Adanya suara kegaduhan atau kebisingan yang ada disekitar lokasi,
– Perawatan yang salah, seperti perubahan ransum/air minum secara tiba-tiba,
– Luas kandang dengan jumlah unggas yang dipelihara tidak seimbang, dll.

Mengetahui penyebab terjadinya stress pada ayam boyler atau ayam petelur akan memudahkan anda dalam menanganinya, berikut ini adalah contoh cara mengendalikan stress pada ayam sesuai dengan factor penyebabnya.

stress pada ayam

Cara menangani stress pada ayam potong dan ayam petelur

1. Lokasi

Lokasi tempat peternakan yang bising, atau suasana peternakan yang sering berganti juga dapat menimbulkan stress, sebab ayam harus beradaptasi terhadap suasana yang baru secara berulang kali, cara mengatasinya adalah memilih lokasi yang jauh dari sumber kebisingan dengan suasana yang stabil.

2. Bibit

Jika induk dari bibit yang anda beli kurang baik kualitasnya, biasanya akan menghasilkan keturunan yang cenderung mudah stress, Untuk mencegahnya adalah anda harus membeli anak ayam (DOC) dari penjual yang terpercaya.

3. Kandang

Keadaan kandang yang tidak sehat dapat menyebabkan ayam tidak nyaman sehingga dapat mengakibatkan stress, untuk mencegahnya adalah kandang harus selalu dibersihkan serta sirkulasi udara didalam kandang harus lancar.

4. Ransum

Untuk ransum yang diberikan pada ayam harus disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi dengan jumlah ayam yang diternak, agar tidak mengakibatkan stress, Ransum buatan pabrik tentunya sudah teruji nilai gizinya yang sudah disesuaikan dengan umur dan jenis ayamnya.

5. Penyakit

Penyakit juga bisa menyebabkan stress atau juga sebaliknya, yaitu stress juga bisa menimbulkan penyakit, jadi usahakan untuk selalu memperhatikan lokasi, bibit, ransum, serta kebersihan kandang dan perawatan yang baik, agar ayam tidak mudah stress atau terserang penyakit.

Selain cara-cara diatas untuk mencegah terjadinya stress juga dapat dimulai dari bibit yaitu memberikan vaksin serta vitamin pada ayam sesuai dengan umur dan kebutuhan.

Pemberian vaksin serta vitamin juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh, serta mengembalikan ion tubuh akibat dehidrasi.

Itulah cara mengatasi stress pada ayam boyler serta ayam petelur yang bisa saya sampaikan, semoga dapat membantu menyelesaikan masalah anda.

Mari belajar budidaya ternak, TERIMA KASIH.

(Visited 3.348 times, 31 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *