Solusi Tepat Cara Membuat Pakan Ayam Organic yang Mudah dan Murah

Diposting pada

membuat pakan ayam organik
Sebelum kita mulai menekuni sebuah usaha, pasti target utama kita adalah sukses, salah satu kunci sukses dalam sebuah usaha adalah mengadakan riset, survey, atau kalkulasi terlebih dahulu.

Survey yang biasa dilakukan yaitu mengenai biaya yang harus dikeluarkan, kendala yang biasa terjadi, keuntungan yang akan didapat, dan yang terpenting bagaimana cara mengatasi jika ada kendala.

Tujuan riset adalah untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu masalah itu terjadi, agar kita siap dan bisa mengatasinya.

Seperti contoh dalam usaha ternak unggas yang sering terjadi dilapangan adalah mahalnya harga pakan ternak buatan pabrik, dan apabila dikalkulasi pemberian pakan pabrik sampai panen dengan harga jual saat panen, Keuntungan kita sangat sedikit bahkan bisa minus.

Lalu bagaimana cara mengatasinya yaitu dengan memberikan pakan alternative atau pakan tambahan yaitu racikan sendiri untuk mengurangi biaya pakan tersebut.

Disini admin akan membagikan cara membuat pakan alternative untuk ternak unggas, seperti untuk ternak ayam kampung, ternak ayam pedaging, ternak ayam petelur, atau ternak bebek.

Baca disini; Artikel atau pembahasan yang anda cari

Cara membuat pakan organic untuk unggas

Untuk membuat pakan unggas organic bisa menggunakan bahan-bahan yang mudah didapat seperti berikut;

– Jagung giling kasar 5 kg
– Bekatul (dedak padi yang halus) 5 kg
– Konsentrat 3 kg (untuk konsentrat bisa disesuaikan dengan jenis unggas), jika untuk ayam pedaging harus menggunakan konsentrat ayam pedaging,
– Nasi aking (nasi kering) 2 kg
– Ampas tahu yang sudah diperas 1 kg
– Sayuran dicacah kecil-kecil 3 kg (gunakan sayuran yang ada atau mudah didapat disekitar anda, seperti kangkung, kol/kubis, atau bisa diganti dengan gedebog pisang),
– Suplemen organic cair, yang bisa didapat ditoko pertanian, untuk takarannya sesuaikan dengan aturan pakai
– Air bersih secukupnya.

Cara meracik pakan alternatif

membuat pakan ayam organik

Campurkan semua bahan diatas sedikit demi sedikit, hingga semua bahan tercampur rata, usahakan airnya jangan terlalu banyak agar racikan setengah kering.

Jika semua bahan sudah tercampur rata siapkan wadah untuk fermentasi, bisa menggunakan plastic, terpal atau ember, kemudian taruh semua bahan ditempat tersebut dan tutup dengan rapat, tunggu sekitar 2-3 hari agar bahan dapat terfermentasi secara sempurna.

Agar lebih efisien sebaik pakan organic yang sudah difermentasi digiling kasar kemudian dikeringkan, agar lebih tahan lama dan bisa diberikan setiap hari.

Berikan pakan alternative ini sebagai pakan tambahan, dan saat pemberian pakan alternative ini, ayam harus selalu dipantau pertumbuhan serta produksinya, apabila pertumbuhan normal dan produksinya stabil, lanjutkan pemberian pakan ini.

Namun jika pertumbuhan atau produksi ayam menurun drastis, segera hentikan pemberian pakan tersebut karena dikhawatirkan ayam mengalami gangguan pencernakan karena belum atau tidak cocok dengan pakan alternative ini.

Jangan alih-alih ingin meminimalis pengeluaran justru malah menjadi boomerang.

NB, saya sarankan pemberian pakan alternative ini hanya sebagai pakan tambahan, supaya bisa mengurangi biaya pakan, sedangkan untuk mendapatkan hasil produksi yang maksimal tetap memberikan pakan pabrik yang sudah teruji kandungan nutrisi yang dibutuhkan ayam tersebut.

Demikanlah cara membuat pakan organic ayam pedaging, semoga bisa diaplikasikan, dan salam sukses.

Mari Belajar Beternak, TERIMA KASIH.

(Visited 4.964 times, 78 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *